Nyaman di Lingkungan Kerja

Masalah=hidup, ?. Seorang guru mendekat dan mengeluhkan persoalannya. Kenapa yach... saya kok selalu disalahkan?. Padahal saya ingin berbuat yang terbaik untuk semuanya. Seperti buah si malakama memang, segala sesuatu yang kita perbuat justru menghasilkan persoalan bagi diri sendiri dan orang lain.

Lingkungan kerja memang penuh dengan persoalan. Persoalan tersebut dapat muncul dari diri kita ataupun dari rekan kerja. Kepribadian memegang peranan penting dalam berhubungan dengan rekan kerja. Sedangkan kepribadian yang kurang disenangi di lingkungan kerja; (1) Terlalu berlebihan dalam bersikap dan ingin tampil lebih baik dari rekan kerja lainnya (2) Mudahtersinggung, marah, suka menilai sikap orang lain yang ia anggap telah menyerang perasaannya adalah ciri-ciri orang yang sensitif. Ia mudah tersinggung dengan perkataan dan sikap orang lain. (3) Tidak mau mendengar, saat ada yang memberikan masukan terhadap perilaku kita biasanya kita langsung memberikan serangan balik pada orang yang memberikan masukan (defence).

Yang menjadi pertanyaan bagaimana bersikap di lingkungan kerja? Tak bisa dipungkiri setiap orang menginginkan menjadi pribadi yang disenangi. Kehadiran kita membawa senyum dan manfaat. Beberapa hal yang bisa kita terapkan agar menjadi pribadi yang menyenangkan. (1) Meneladani sang Idola kita, sebagai umat Islam Nabi Muhammad sebagai tauladan yang nyata baca siroh Nabi Muhammad. Dengan berusaha meneladani karakter Nabi Muhammad maka seperti yang kita ketahui bahwa nabi memiliki sahabat-sahabat yang luar biasa (2) Bukalah hati untuk mau menerima kritik dari kesalahan yang kita alami. Meningkatkan ketrampilan mendengar dengan rekan kerja.(3) Berbaur dengan seluruh rekan-rekan kerja baik dengan dari atasan hingga bawahan paling bawah seperti office boy, satpam ataupun yang lainnya. Semoga bermanfaat.