Meniup Balon Hingga Meletus


Bayang-bayang terkadang lebih menakutkan dari kenyataan. Suatu ketika kita akan mendapat sebuah tugas yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Sehingga tugas tersebut terasa sangat menakutkan. Dan tugas tersebut terasa berat. Padahal kita belum mengerjakannya.

Yach.. itulah jika kita menemui sebuah keadaan yang menurut bayangan kita menakutkan. Maka kita bisa membayangkan sebuah analogi sederhana yang mungkin kita sering mendapatkan dalam sebuah pelatihan-pelatihan yaitu; Sang instruktur menyuruh kita meniup sebuah balon hingga balon tersebut meletus. Bayang-bayang ketakutan seperti apa yang terjadi saat kita meniup balon tersebut; balon tersebut akan meletus, suaranya akan membuat kaget jantung kita, dan rasa perih pecahan balon yang mengenai wajah kita.

Namun saat balon tersebut pecah ternyata rasa takut yang kita bayangkan tidak benar-benar terjadi. Tidak ada suara yang menggagetkan jantung kita dan tidak ada rasa sakit sama sekali pada wajah kita.

Sebuah analogi yang sangat sederhana, namun mampu menguatkan diri kita saat dihadapkan pada sebuah tugas yang tidak mungkin alias "mission impossible". Bahwa tugas yang diberikan pada kita tentu sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita. Semangat dan semoga bermanfaat.