Bekerja dan CPNS

se7entime.wordpress.com
Seorang pegawai yang mengeluhkan tentang pekerjaannya. Selama ini kita berpikir seseorang yang telah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), maka tidak akan mungkin untuk keluar menjadi seorang pegawai. Namun, ada juga seorang PNS yang mengeluhkan untuk berhenti menjadi pegawai dan mencari pekerjaan lain.

Mungkin hal ini dianggap aneh oleh sebagian orang yang selama ini berlari mengejar untuk menjadi PNS. Bagaimana tidak kalau kita coba renungkan, saat tes CPNS dibuka, stadion yang muat ribuan orang itu berjubal dengan orang yang menginginkan menjadi PNS. Namun, si Bapak ini mengeluhkan untuk bisa berhenti. Dan beralih profesi lain.

Hal ini menjadi pelajaran bagi kita. Selama ini menjadi PNS merupakan harga mati bagi sebagian orang. Sangat tidak logis apabila kita tidak bekerja bila tidak jadi PNS.

Sebuah kisah nyata bahwa ada seorang PNS akhirnya hidup kaya raya dengan berani keluar menjadi pegawai dan membuka toko bangunan. Tulisan ini bukan sebagai provokasi untuk berhenti jadi PNS atau menggembosi seseorang untuk melamar CPNS. Namun hanya ingin berbagi dan meletakan sesuatu secara proporsional. Bahwa menjadi PNS bukanlah harga mati. Masih banyak pekerjaan yang baik yang bisa kita lakukan. Apapun pekerjaan tersebut asalkan tidak melanggar norma agama dan norma sosial.
Oleh karena itu, siapapun dan apapun kita saat ini maka bekerja entah PNS atau bukan. Pekerjaan adalah suatu aktifitas untuk memanusiakan manusia.